Thursday, August 18, 2016

Tetap Bertahan Atau Mundur? Inilah 6 Langkah Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh



Langkah Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh
Menurut Anda, siapa sih di dunia ini yang bersedia di selingkuhi oleh pasangan? 
Tentu saja di dalam hati Anda akan langsung berteriak keras "tidak ada!". Meskipun kalimat penolakan dengan tegas Anda lontarkan, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak orang yang mengalami tindak perselingkuhan baik itu di lakukan oleh si pria maupun wanita.

Sakit, itu sudah pasti. Rasa sakit tersebut merupakan fakta yang tidak bisa di sanggah oleh siapapun. rasa benci, marah, kecewa, sedih dan perasaan lainnya beraduk menjadi satu yang terkadang membuat dada ini terasa sesak. Sering kali orang akan kebingungan untuk mengambil keputusan ketika di hadapkan pada permasalahan ini. 

Ingin maju akan tetapi hati terlanjur sakit akibat di hianati dengan perselingkuhan tersebut, ingin mundur namun jauh di dalam hati masih sangat mencintainya dan tidak ingin kehilangannya. Dan yang bisa Anda lakukan adalah berdiam diri berhari-hari, tenggelam dalam ketidak berdayaan. Makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, mengurung diri di kamar dan lain sebagainya. 

Jika benar itu yang tengah Anda lakukan saat ini, akan lebih bijak apabila Anda ikut berfikir bersama teman lainnya yang sedang mengalami nasib sama seperti Anda di sini agar Anda dan teman yang lain mendapat titik terang untuk mengambil jalan keluar yang tepat dalam menyingkapi perselingkuhan pasangan.

1. Pastikan terlebih dahulu bahwa pasangan Anda benar-benar berselingkuh atau tidak 

Langkah Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh

Pastikan terlebih dahulu bahwa kabar yang Anda terima atau Anda lihat tentang pasangan Anda berselingkuh itu benar apa adanya atau hanya sekedar sangkaan belaka. Mungkin Anda memang melihatnya tengah berjalan berdua dengan seorang wanita atau pria di mall atau tempat lainnya. 
Anda tentu tahu bahwa apabila ada seorang pria berjalan berdampingan dengan wanita atau sebaliknya, belum tentu memiliki hubungan khusus bukan? 

Oleh karenanya, menyelidiki kebenaran dari berita atau tuduhan selingkuh tersebut harus Anda lakukan karena kelangsungan hubungan Anda dan pasangan di pertaruhkan di sini. Ingat! jangan samapi Anda menjadi orang yang hanya menerima kabar dan informasi secara mentah tanpa memprosesnya terlebih dahulu.

2.  Kendalikan diri Anda

Langkah Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh

Anda tentu merasa marah, sakit dan kecewa ketika mengetahui kebenaran bahwa cinta tulus yang Anda berikan kepada pasangan di balas dengan penghianatan yang menyakitkan. Anda merasa hawa panas menyeruak keluar dari dalam diri Anda, kepala Anda tiba-tiba seperti di serang oleh ombak besar hingga menjadikannya begitu berat untuk menerima kenyataan ini. 

Itu sangat wajar di rasakan oleh siapapun ketika mengetahui hal tersebut. Akan tetapi, Anda tentu tahu jika semua emosi di atas Anda turuti pada saat itu juga pasti akan berakibat buruk ke depannya. Oleh sebab itu, kendalikan diri Anda, jangan buat emosi Anda terpancing untuk keluar. Tetaplah tenang dan menerimanya dengan kepala dingin.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk berfikir jernih dan mengambil keputusan yang tepat. Kedengarannya mudah bukan? Akan tetapi sebenarnya itu cukup sulit di lakukan apa lagi bagi Anda yang bersetatus sebagai orang yang di hianati. Akan tetapi, ini merupakan langkah yang tepat untuk di ambil. 

Jika belum mampu mengendalikan diri Anda seketika itu, alangkah baiknya jika Anda langsung pergi dari sana sesegera mungkin. Hal ini Anda lakukan bukan untuk melarikan diri melainkan untuk menenangkan diri karena Anda tahu bahwa permasalahan ini tidak bisa di selesaikan dengan menggunakan emosi. 

3. Beri waktu Anda untuk sendiri

Langkah Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh

Tentu anda butuh waktu untuk menerima kenyataan tersebut, oleh karenanya berilah waktu pada diri Anda sendiri untuk menyendiri terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih tenang dan dapat memikirkan langkah apa yang akan Anda ambil.

Menyendiri bukan berarti mengharuskan Anda untuk terus tenggelam dalam kesedihan akan tetapi untuk memberikan waktu yang cukup bagi Anda untuk menghibur diri dan melupakan permasalahan tersebut meski hanya sejenak. Sebab itu, selama Anda sendiri lakukanlah kegiatan-kegiatan menyenangkan yang sering Anda lakukan sebelum memiliki pasangan, misalnya hobi, menonton film komedi dan yang lainnya.

Intinya, berilah waktu Anda untuk menormalkan kembali emosi Anda dengan begitu pandangan Anda akan lebih luas untuk mencari jalan yang tepat bagi kelangsungan hubungan Asmara Anda. Tentu Anda tidak ingin hanya karena emosi, hubungan Anda kandas di tengah jalan dan hanya menyisakan penyesalan di kemudian hari bukan?.

4. Beri kesempatan pasangan untuk menjelaskan

Langkah Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh

Poin inilah yang sering di lupakan oleh orang-orang yang tengah di landa kegalauan karena di hianati, tidak memberikan kesempatan pada pasangan untuk menjelaskan. Mungkin ini kejadian yang sering terjadi : 

Si A : " Biar aku jelasin! ini tidak seperti yang kamu pikirkan sayang!" , Sanggah pasangan yang di tuduh berselingkuh 

Si B : " Udah gak ada yang harus di jelasin lagi! Aku udah lihat dengan mata kepala aku sendiri kamu jalan sama orang lain di belakang aku! Tega kamu ya! Sekarang kita PUTUS! " , Lari sambil membanting pintu (atau papun yang ada di sekitar tempat kejadian).

Apakah Anda juga pernah melakukan hal seperti itu? Semoga tidak karena percaya atau tidak, dengan tidak memberikan pasangan kesempatan untuk bicara bisa membuat Anda menyesal di kemudian hari.

Anda bisa membayangkan sendiri apabila sekenario di atas terjadi pada Anda. Anda benar-benar melihat dia sedang berduan dengan seseorang. Lalu Anda menuduh si dia selingkuh seketika itu tanpa mendengarkan penjelasan si dia dan anda mengakhiri hubungan Anda dengannya. Dan ternyata di lain hari Anda mengetahui fakta yang mengejutkan bahwa ternyata orang yang Anda anggap selingkuhannya adalah adik kandungnya yang telah lama terpisah jauh darinya. 

Anda bisa merasakannya sendiri betapa hati Anda menyesal karena telah memutuskannya. Sebab pasangan selingkuh tidak selalu di karenakan oleh kesalahan dari pasangan itu sendiri bisa juga di sebabkan oleh kesalahan Anda yang mungkin tidak Anda sadari .Itulah mengapa memberikan kesempatan bagi si dia untuk menjelaskan sangat penting. 

Dengan demikian Anda dapat menimbang keputusan apa yang akan Anda ambil agar tidak ada penyesalan di lain waktu.

5. Pertimbangkanlah keputusan yang tepat untuk hubungan Anda

Langkah Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh

Setelah Anda melakukan semua tahapan di atas dengan tidak emosional. Sekarang saatnya Anda untuk mengambil keputusan. Ada bisa menimbang-nimbang dari semua penjelasan dan bukti yang telah Anda dapatkan untuk mengambil keputusan demi masa depan Anda sendiri.

Evaluasi semuanya secara menyeluruh, dan kemudian ambillah kesimpulan dengan pemikiran yang matang. Apabila pasangan Anda menyesal telah menyelingkuhi Anda dan memilih untuk kembali lagi dengan Anda dan tentu saja Anda masih bisa menerima alasan serta bisa memaafkannya maka Anda bisa menerimanya kembali dengan syarat tertentu. 

Akan tetapi jika kenyataannya sulit bagi Anda untuk menerimanya kembali karena apa yang telah di lakukannya sangat keteraluan maka Anda bisa mengakhiri hubungan tersebut dan meninggalkannya. Mantapkan hati Anda bahwa masih ada yang akan menghargai cinta tulus Anda di luar sana. 

6. Berubahlah menjadi orang yang lebih baik 

Langkah Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh

Baik bagi Anda yang memilih untuk kembali maju dan melanjutkan hubungan maupun yang mudur, Berubahlah untuk menjadi lebih baik di bandingkan sebelumnya agar apa yang terjadi tidak terulang kembali. 

Jika Anda memilih untuk maju, Anda dan pasangan harus berubah untuk menjadi lebih baik dengan menjadikan peristiwa perselingkuhan tersebut sebagai pembelajaran dan evaluasi untuk menjalin cinta yang berkualitas.

Yang perlu Anda pahami adalah, jangan sampai pengalaman di selingkuhi tersebut menjadikan Anda sebagi pribadi yang posesif. Karena hal itu dapat memperburuk hubungan Anda selanjutnya.

Dan apa bila Anda memilih untuk mundur, jangan lah terlalu larut dalam kesedihan karena pernah di selingkuhi. Jadikanlah pengalaman selingkuh tersebut sebagai media pembelajaran dan cambuk untuk menjadi pribadi yang lebih baik di bandingkan sebelumnya. Juga sebagai acuan untuk memperbaiki hubungan asmara di masa depan. 

Tahapan tahapan di atas merupakan pedoman yang bisa Anda terapkan ketika tengah mengalami perselingkuhan, jika memang Anda mengaggap 6 tahapan di atas masih sulit untuk Anda lakukan, Alangkah bijak apabila Anda melibatkan orang lain yang ahli di bidang percintaan atau psikologis agar Anda bisa mendapatkan pandangan yang lebih cerah dan terbebas dari rasa galau itu. 

No comments:

Post a Comment